Karoseri Truk, Apa Saja Macam Karoseri Truk Terbaik di Indonesia?

Posted on

Karoseri-Truck

Karoseri truk adalah tempat penyimpanan kendaraan truk yang dibangun di atas rangka/ chasis pada sebuah truk. Untuk saat ini beberapa dealer truk sendiri membebaskan pemilik truk untuk melakukan pembangunan karoserinya sendiri, sehingga banyak variasi yang dapat dilihat di jalan dan juga pastinya memudahkan dalam bongkar muat barang. Kendaraan yang dibangun tersebut memiliki berbagai macam jenis tersendiri. Apa saja jenis-jenis karoseri truk?

Jenis karoseri truk memang bermacam-macam, ada bak terbuka, wingbox, box, peti kemas dan masih banyak lagi. Beberapa dealer truk seperti Hino, Mitsubishi, Scania, hingga Mercedes sekalipun biasanya sudah menyiapkan Karoseri pada jenis truknya, namun beberapa pengusaha transporter sendiri kurang puas dan seringkali membeli truk hanya kepalanya saja tanpa Karoserinya. 

Dengan cara seperti itu biasanya truk sendiri dapat dibentuk kegunaannya sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan, oleh karena itu saat ini banyak juga perusahaan karoseri truk untuk melakukan pembuatan karoseri yang diinginkan oleh beberapa transporter. Yang paling umum dan menjadi favorit adalah jenis truk wingbox yang biasa dibentuk dari truk jenis Hino FL23JW, atau Mitsubishi fuso fighter. Tidak hanya truk medium duty, namun truk wingbox sendiri juga memiliki jenis pengangkutan alat berat loh, yaitu truk tronton wingbox.

Jenis Truk

Melihat mobil truk engkel di jalanan tentunya bukan hal yang asing. Namun, bagi masyarakat awam, semua jenis truk tersebut dianggap sebagai jenis yang sama. Kebanyakan mungkin hanya mengetahui jenis truk pick up, fuso, dan tronton saja, yang biasanya dibedakan berdasarkan besar truk tersebut. Namun, jenis truk ternyata sangat beragam yang bisa dibedakan berdasarkan kapasitas muatan dan sumbu roda. Berikut penjelasan lengkapnya.

Berdasarkan sumbu roda

Sumbu roda sendiri merupakan tempat di mana roda terpasang pada truk. Berbeda dengan mobil biasa yang hanya memiliki dua sumbu roda, truk bisa memiliki banyak sumbu roda disesuaikan dengan muatan yang diangkutnya. Berikut beberapa jenis truk berdasarkan roda:

Truk Engkel

Jenis truk ini dibagi lagi menjadi dua tipe yaknni truk engkel dan truk engkel double. Truk engkel memiliki 4 roda dengan dua sumbu roda.  Dalam satu sumbu roda tersebut hanya memiliki masing-masing dua roda, baik untuk bagian depan maupun belakang. Sementara truk engkel double memiliki total 6 roda dengan 2 sumbu roda, namun sumbu roda bagian belakang memiliki 4 buah roda.

Truk Trintin

Tipe truk ini mungkin masih asing di teling kita. Bentuknya mirip dengan truk tronton, namun ukuran rodanya lebih sedikit yakni 8 buah. Memiliki 3 sumbu roda, 2 di depan dengan masing-masing sumbu memiliki 2 roda, dan 1 sumbu belakang dengan 4 roda.

Truk Tronton

Truk berukuran besar ini memiliki tiga sumbu roda dengan pembagian 1 sumbu roda di bagian depan yang memiliki 2 roda, dan 2 sumbu roda di bagian belakang yang masing-masing memiliki 4 roda.

Truk Trinton

Jenis truk ini memiliki total 12 roda dengan empat sumbu roda. Dua sumbu berada di bagian dengan masing-masing dua roda, dan dua sumbu belakang dengan jumlah roda masing-masing sebanyak 4 buah.

Berdasarkan kapasitas muatan

Kapasitas muatan truk dihitung berdasarkan volume barang yang akan diangkut dibagi 1.000.000 (merupakan perhitungan tandar untuk container), satuan resminya disebut juga dengan CBM. Contoh perhitungannya adalah sebagai berikut:

Misalnya 1 lemari berukuran 100cm (P) x 75 cm (L) x 200cm (T), maka perhitungannya adalah (100 x 75 x 200) : 1.000.000 = 1,5 CBM.

Truck Pick Up

Merupakan truk dengan kapasitas paling kecil yakni  sebesar 1 CBM dan kapsitas muatan maksimal 1 ton.

Truk Colt Diesel Engkel (CDE)

Atau biasa disebut truk engkel memiliki kapasitas kubikasi sebanyak 6 CBM dan muatan maksimal 2 ton.

Truk Colt Diesel Double (CDD)

Memiliki kapasitas muatan maksimal 4 ton, dan muatan volume sebesar 12 CBM.

Truk Fuso

Kapasitas volumenya sebesar 25 CBM dengan kapasitas muatan maksimal sebesar 7 ton.

Truk Tronton

Truk besar ini memiliki kapasitas volume atau kubikasi sebesar 30 CBM dan mampu mengangkut maksimal seberat 10 ton.

Truk Trailer

Truk ini didesain sebagai kargo untuk pengiriman kendaraan dan alat berat, karena itu kapasitas pun besar yakni hingga 66 CBM dengan daya angkut maksimal sebesar 20 hingga 60 ton.

Macam Karoseri Truk Terbaik di Indonesia

Sebagai kendaraan niaga andalan para pengusaha untuk mendistribusikan barang ke berbagai tujuan, truk memiliki beragam karoseri sesuai dengan kebutuhan pemakaian. Contohnya, truk untuk mengirim mie instan tentunya berbeda dengan truk untuk mengantarkan air dalam kemasan. Begitu pula truk untuk mengangkut kelapa sawit jelas berlainan dengan truk untuk membawa pupuk atau semen. Nah berikut ini beberapa macam karoseri truk.      

Cab Chassis

Umumnya, truk yang dikirim dari pabrik perakitan menuju dealer berada dalam kondisi “polos” berupa cab chassis yang terdiri atas kabin (pengemudi dan penumpang) serta rangka sasis kosong. Usai proses jual beli, truk cab chassis kemudian diantar ke pabrik karoseri untuk dibuatkan bak barang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Bak Kayu

Di Indonesia, truk dengan bak kayu menjadi salah satu favorit konsumen untuk mengantar  berbagai barang menuju beragam lokasi. Barang yang diangkut sangat bervariasi mulai dari hasil bumi, ternak, kayu, mebel,  batu, hingga pasir. Bak kayu memiliki karakteristik sebagai bak satu arah  karena hanya ada satu pintu untuk  akses bongkar muat barang dari arah belakang. Umumnya bak kayu mempunyai empat sisi yang setara atau  sedikit melebihi kabin truk.  

Bak Besi

Memiliki kemiripan bentuk dengan bak kayu, namun bak besi menawarkan kelebihan berupa pintu tiga arah (samping kiri-kanan dan belakang) sehingga  memudahkan akses bongkar muat barang. Bak besi menjadi pilihan untuk keperluan pengangkutan mesin, komponen atau barang  lainnya dengan berat di atas 500 kilogram karena  proses bongkar muat  tidak mungkin dilakukan secara manual dengan tenaga manusia.

Flat Deck/Flat Bed/Los Bak

Bak jenis ini  tidak mempunyai penutup pada  semua  sisinya (samping kiri-kanan, atas dan belakang). Di atas sasis truk hanya ada kotak hollow yang terbuat dari lembaran pelat logam dengan  ketebalan  tertentu. Karena  terbuka penuh alias tanpa “rumah”, maka proses bongkar muat barang pada truk flat deck/flat bed/los bak menjadi lebih mudah dan praktis dengan crane atau forklift. Kelebihan lain truk flat deck/flat bed/los bak adalah kemampuan mengangkut barang berat dan panjang semisal beras, kertas, mesin, pelat baja gulung, pipa, pupuk, semen.

Karoseri truk di Indonesia sendiri mempunyai perusahaan terbaik dalam dunianya. Kalian bisa membaca artikel Karoseri, Ketahui Industri Terbaik di Indonesia dan Harga Pembuatannya! untuk mengetahui perusahaan mana saja yang telah menghasilkan karoseri truk terbaik sejauh ini.

Nah, jika kalian mempunyai perusahaan dengan berbagai macam armada untuk pengiriman ataupun perusahaan yang memerlukan armada dengan jumlah yang banyak, kalian bisa menggunakan Fleet Management System dari TransTRACK untuk mengelola armada-armada tersebut. Ganti manajemen armadamu ke yang lebih baik bersama TransTRACK!

Topic

karoseri manajemen armada